Short Course Batch III: Belajar Dengan Metode Yang Mudah dan Menyenangkan

Jumat 27-29 September 2019 di Cico Resort Cimahpar Bogor, Jawa Barat telah berlangsung short course. Penyelenggara yang mengadakan acara tersebut yaitu Rimbawan Muda Indonesia (RMI) yang mana mengangkat isu-isu lingkungan yang sedang hangat terjadi khususnya di Indonesia. Ada 9 materi yang dibawa dalam short Course tersebut yaitu:

  1. Kepemimpinan yang sensitive gender
  2. Etika lingkungan
  3. Politik ekologi
  4. Konsep keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam
  5. Gerakan kerelawanan untuk perubahan social
  6. Kebijakan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam
  7. Kemiskinan struktural
  8. Stereotype dan bias implisit

Dari semua materi yang diangkat dalam short course ini merupakan hal penting yang seharusnya kita sebagai agen perubahan ketahui. Kenapa? Karena isu-isu tersebut sebetulnya jelas nyata ada dalam keseharian yang tidak kita sadari. Pada saat terpilih menjadi salah satu kandidat dalam mengikuti short course ini sempat terbesit dipikiran bahwa materi yang dibawa cukup serius dan berat untuk kapasitas saya pribadi.

Namun ternyata RMI mampu menggunakan metode-motede dalam penyampaian disetiap materi dengan cara yang sederhana, mudah, dan tentu menyenangkan. Ini mengapa menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Karena meskipun dengan berbeda latar belakang bagi peserta yang mengikuti short course ini, namun tetap mampu menyerap dan memahami materi yang disampaikan dengan baik.

Dalam setiap pertengahan penyampaian materi selalu dihadirkan ice breaking yang bertujuan untuk mengurangi rasa bosan terhadap peserta. Bahkan dibagian perkenalanpun RMI mempunyai cara out of the box yang justru bisa memaksimalkan peserta dalam memperkenalkan diri dengan caranya masing-masing. Ini juga yang bisa diamplikasikan kembali tentang bagaimana dalam penyampaian materi yang cukup sulit disampaikan namun dengan metode yang mudah dan sederhana ini yang bisa menjadi acuan bahwa tidak semua itu sulit untuk dipelajari.

Untuk itu sebagai saran semoga RMI tetap terus mengadakan acara yang mengedukasi dengan metode yang unik khususnya terkait peran anak muda didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s