Short Course Batch III: Belajar Yang Mengasyikan

DSCF0062Short course? Apa itu.. jadi seperti namanya yaitu kursus singkat, hmm membosankan dong? Ternyata tidak, karena seru banget dan mengasikan, tidak seperti yang dibayangkan yang hanya belajar, duduk, dan hanya memperhatikan pemateri yang lamanya selama 3 hari. Ternyata tidak contohnya di hari pertama kita melakukan perkenalan tentang diri masing masing, perkenalannya dengan cara yang unik loh namanya box gw banget di sesi ini kita menghias box yang diberikan dengan koran bekas dan crayon, lucunya kita disini bisa menuangkan kreatiftas kita untuk menjelaskan tentang siapa diri kita, bahkan kita bisa melihat bagaimana sedikit kepribadian seseorang, cita-cita, hobi dan serunya kita jadi tau kalau kita mempunyai tujuan-tujuan yang sama untuk mengkuti short course ini.

Setelah sesi “box gua banget” kita coffee break ngomong-ngomong saat coffee break ini kita istirahat, nyemil-nyemil, dan ngobrol lebih lagi dengan peserta lainnya makin deket dan nambah relasi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan background yang berbeda-beda.

DSCF9304

Selanjutnya setelah istirahat ada sesi tentang isu lingkungan. Koh Indra ajak kita untuk bahas isu-isu lingkungan, nah kita disini dibagi menjadi beberapa kelompok lalu kita mengambil potongan-potongan gambar koran, dan kita diminta untuk menggabungkannya menjadi sebuah narasi berkaitan dengan isu lingkungan dan serunya kita disini dikasih pengantar lebih dulu oleh Koh Indra dan bahas bersama-sama terkait apa yang kita ambil lalu menyampaikan pendapat kita tentang hal-hal yang seharusnya dan seharusnya terjadi atau bagaimana itu terjadi, contohnya seperti isu lingkungan krisis air bersih, kemarau panjang, sampah, dll.

Esok harinya sesi tentang ekologi politis, dari namanya aja udah bikin tertarik yaa. Di sesi ini pembicara membahas tentang sejarah politik ekologi di indonesia, revolusi, dan sampe aku tau apa itu oligarki dan menambah wawasan ku tentang bagaimana kompleksnya peraturan pertanahan yang berlaku di indonesia saat ini, apalagi pada saat itu RUU tentang pertanahan lagi happening untuk direvisi, bahkan sampai saat ini kita masih memakai peta peninggalan dari Belanda. Serunya lagi pembicara selalu memberikan contoh-contoh atau gambaran yang mudah dimengerti walaupun bahasannya berat, dan kita selalu diberikan waktu bertanya ketika ada kata yang kita tidak tau atau tidak mengerti.

Selanjutnya makan siang, aku suka saat makan siang ini karena makan-makanan nya enak hehehe setelah makan siang kita ada ice breaking, nah yang aku suka setiap dirasa suasana sudah sedikit suntuk, fasilitator selalu melakukan ice breaking contohnya “Kesetrum” ice breaking ini emang bangkitin mood lagi karena setiap ada orang yang bilang “Kesetrum” yang lain harus cepat-cepat berdiri.

Setelah itu lanjut sesi games yang menurutku ini seru banget namanya gamesnya “minta dong” sebelum games dimulai Koh Indra membuat kesepakatan yaitu para pemain harus menyelesaikan permainan sampai selesai, permainannya ternyata terkait dengan kemiskinan struktural yang dimana permainan games ini menggambarkan antara si miskin dan si kaya yang mempertahankan poin dari kacang yang didapatkan, sehingga diakhir permainan terjadi kesenjangan sosial. Lalu di permainan ini kita juga diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan ternyata permainan ini ada hukumannya yaitu yang kalah hanya dapat maka nasi putih dan garam itu adalah konsekuensi dari mereka yang menjadi si miskin, dari permainan ini kita menjadi lebih sadar tentang bagaimana struktural kemiskinan terjadi.

DSCF0049

Main games udah, dilanjut dengan sesi gerakan relawan, disesi ini pembicara membawakan temanya dengan cara tanya jawab dan diskusi, sehingga disesi ini kita lebih intens mengetahui tentang gerakan relawan dan kegiatan yang sekarang kita lakukan termasuk melakukan gerakan relawan karna gerekan relawan mempunyai arti yang luas dan saat ini gerakan relawan menjadi hal yang umum dilakukan pemuda-pemudi sebagai bentuk kepedulian, selain itu gerakan relawan sekarang ini sangat penting karna dari kegiatan relawan ini sangat bermanfaat dan bepengaruh untuk perubahan sosial.

Malem hari kita ada games namanya “Amazing Race” games ini seru banget karena disini kita lari-lari, sampai kita lari-lari kejalan karena games ini menarik banget jadi konsep game ini kita diberi pertanyaan lalu kita jawab, jika jawaban benar kita dapat melanjutkan ke pertanyaann berikutnya tetapi untuk bisa mendapat pertanyaan selanjutnya kita harus menyalesaikan clue yang koh indra berikan, setelah itu kita lari-lari sambil miki dan sampai gk sadar kita lari-lari ke jalan, untuk dan banyak kejadian yang lucu dan seru dari kelompok aku maupu kelompok lain, sampai kita ngerasain cape bareng, milih jawaban bareng, dan menjaga kekompakan kelompok hingga akhirnya semua pertannyaan terjawab.

Meyambung dengan sesi gerakan relawan sesi selanjutnya yaitu sesi berbagi cerita da ide dari gerakan relawan, disni ka manda dan ka  inay berbagi cerita pengalaman menjadi relawan, hal yang aku suka dari cerita mereka berdua yaitu mereka menceritakan dari posisi, latar belakang, serta pendidikan yang berbeda, sama-sama mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu tanpa pamrih, demi untuk mencapai perubahan sosial dan walaupun tidak mudah seperti kata ka manda “if you want, there’s a way” jadi lakukan saja dulu, maka pasti akan ada jalan, dan cerita perjuangan Relawan4life. Mereka sangat keren.

Selesai cerita kita ada materi terakhir yaitu etika lingkungan pada sesi ini pembicara memberi kita soal yang kaitanya dengan etika lingkungan, dan pastinya gambaran kecil yang diberikan membuat kita semakin mengerti tentang saling menghargai terhadap manusia maupun lingkungan yang kita tinggali saat ini, bahkan kita disini mempelajari sejarah etika lingkungan, alam, antroposentris, keselarasan dengan dogma agama, kearifan adat dan sosial.

Sebagai penutup short course kita melakukan evaluasi, disini kita bahas terkaitan sesi dengan sesi lainya, dan benar seperti apa kata koh indra, kita disini seperti sedang mengumpulkan puzzle-puzle yang pada akhirnya kita bisa mengambil kesimpulan dari kegiatan short course ini. Aku sendiri sangat senang dan berterima kasih kepada RMI yang telah mengadakan acara ini dengan cara yang berbeda dan tentunya belajarnya menjadi menyenangkan, banyak sekali manfaat yag aku dapat dari kegiatan ini.

dscf9309.jpg

Penulis : Nafisa Nur Alifah

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s